Spreadsheet—Cara membuat JURNAL PENYESUAIAN di Ms. Excel ¦ Akuntansi
• Pengertian Ayat Jurnal Penyesuaian
Dalam akuntansi, jurnal penyesuaian adalah jurnal yang biasanya dibuat pada akhir periode akuntansi untuk mengalokasikan pendapatan dan pengeluaran untuk periode di mana mereka benar-benar terjadi. (Wikipedia)
Biasanya, untuk memudahkan pekerjaan seorang Akuntan, Jurnal akan dibuat dalam bentuk Spreadsheet salah satu contoh nya yaitu Ms. Excel atau mesin ketik lainnya.
Berikut adalah tahapan-tahapan membuat Jurnal Penyesuaian (AJP) di Ms. Excel :
1. Tambahkan sheet baru pada file excel dengan nama "Jurnal Penyesuaian" setelah itu, buat judul sesuai AJP yang ingin dikerjakan.
2. Langkah kedua, buat kolom AJP (Tanggal, Nama akun, Nomor akun, Debet, kredit)
3. Tanggal bisa diketik secara manual
4. Untuk Nama akun bisa menggunakan rumus =Vlookup(Sel nomor akun sesuai nama akun yang akan diisi;Blok daftar Akun kemudian ketik f4 untuk mengunci data;Kolom ke berapa nama akun pada daftar akun)
Note : Kita harus membuat Daftar akun dulu ya, sebelum mengerjakan AJP
5. Setelah muncul #N/A kita bisa langsung mengisi nomor akun secara manual. Nanti nama akun akan terisi secara otomatis.
6. Pada sisi debet dan kredit bisa ditulis secara manual sesuai dengan data penyesuaian yang ada
7. Lalu jumlahkan sisi debet dan kredit menggunakan rumus
• =SUBTOTAL(9, blok seluruh kolom debet)
• =SUBTOTAL(9, blok seluruh kolom kredit)
Note : Jumlah debet dan kredit harus sama (Balance)
8. Selesai!
Terimakasih, semoga bermanfaat ><
Dalam akuntansi, jurnal penyesuaian adalah jurnal yang biasanya dibuat pada akhir periode akuntansi untuk mengalokasikan pendapatan dan pengeluaran untuk periode di mana mereka benar-benar terjadi. (Wikipedia)
Berikut adalah tahapan-tahapan membuat Jurnal Penyesuaian (AJP) di Ms. Excel :
1. Tambahkan sheet baru pada file excel dengan nama "Jurnal Penyesuaian" setelah itu, buat judul sesuai AJP yang ingin dikerjakan.
2. Langkah kedua, buat kolom AJP (Tanggal, Nama akun, Nomor akun, Debet, kredit)
3. Tanggal bisa diketik secara manual
4. Untuk Nama akun bisa menggunakan rumus =Vlookup(Sel nomor akun sesuai nama akun yang akan diisi;Blok daftar Akun kemudian ketik f4 untuk mengunci data;Kolom ke berapa nama akun pada daftar akun)
Note : Kita harus membuat Daftar akun dulu ya, sebelum mengerjakan AJP
5. Setelah muncul #N/A kita bisa langsung mengisi nomor akun secara manual. Nanti nama akun akan terisi secara otomatis.
6. Pada sisi debet dan kredit bisa ditulis secara manual sesuai dengan data penyesuaian yang ada
7. Lalu jumlahkan sisi debet dan kredit menggunakan rumus
• =SUBTOTAL(9, blok seluruh kolom debet)
• =SUBTOTAL(9, blok seluruh kolom kredit)
Note : Jumlah debet dan kredit harus sama (Balance)
8. Selesai!
Terimakasih, semoga bermanfaat ><
Komentar
Posting Komentar